SHARE

SALAM DESPRO KREARTIF!

Seni dan Desain, banyak orang menyangka seni dan desain itu sama, tetapi pada kenyataannya seni dan desain berbeda. Berikut ini merupakan penjelasan mengenai perbedaan seni dan desain:
Seni berasal dari bahasa sansekerta yaitu “sani” yang memiliki arti pemujaan, persembahan dan juga pelayanan.
Dapat disimpulkan dari pengertian seni menurut KBBI adalah seni merupakan gabungan dari pemikiran, keahlian yang melibatkan keterampilan fisik dan hasil akhir yang termanifestasi dalam bentuk atau gerakan. Seni merupakan sebuah proses.

Ki Hajar Dewantara mendiskripsikan seni adalah suatu tindakan atau aktivitas dari perbuatan yang dilakukan oleh manusia yang bermula dari perasaan, yang diidentikkan dengan perasaan yang indah yang akhirnya dapat sampai ke jiwa dan memiliki pengaruh emosional terhadap perasaan yang ditimbulkan dari melihat atau mendengar sebuah seni.
Orang yang mempunyai bakat seni dan berhasil menciptakan dan menggelarkan karya seni disebut seniman.

Kata Desain berasal darai bahasa inggris “Design“ yang berarti perancangan. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, desain berarti kerangka bentuk dan rancangan.

Bruce L. Archer (Inggris, 1968) A goal directed problem-solving activity (Aktivitas atau upaya pemecahan suatu masalah yang dipandu oleh suatu sasaran yang telah ditetapkan). Archer mendefinisikan bahwa sebuah desain haruslah memiliki tujuan (goal) yang seharusnya sudah dapat didefinisikan dari awal.

Ada dua hal yang harus diekplorasi dalam pemahaman ini, yaitu komponen dan sistemnya. Dalam desain grafis dan desain produk, komponen desain (design elements) bisa diartikan dengan unsur garis, bentuk, sosok, gesture, warna, tipografi, material, gambar, foto, cahaya dan sebagainya. Sedangkan sistem (design principle) dalam desain grafis dan desain produk bisa diartikan dengan ukuran (dimensi), skala, proporsi, teknik, keseimbangan (balance), harmoni, penekanan (emphasis), irama (rhytm), kesatuan (unity), layout dan sebagainya. Inti dari kata desain sendiri adalah rancangan, pola, konsep, ide, gagasan, ciptaan.

Dapat disimpulkan, bahwa seni dan desain memiliki perbedaan dari segi definisi, sifat, maupun prinsip, serta karya yang dihasilkan. Pada dasarnya seni dan desain merupakan satu kesatuan yang saling melengkapi, meskipun keduanya memiliki perbedaan.

Sumber :
www.glosaria.com.
www.rocketmanajemen.com
www.aldianlo.com

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here