Home Sejarah Hima Despro ITATS

Sejarah Hima Despro ITATS

Sejarah Himpunan Mahasiswa Desain Produk ITATS

HMJ DESPRO (Himpunan Mahasiswa Jurusan Desain Produk) ITATS dibentuk pada tahun 2004, yang awalnya menjadi satu atap / wadah dibawah naungan HMJ Arsitektur ITATS yang dimana saat itu memang Jurusan Desain Produk sendiri masih dibawah nanungan Jurusan Arsitektur. Namun seiring perkembangan waktu setelah berbagai macam kegiatan Dua Himpunan tersebut, maka mulailah muncul keinginan untuk membentuk HMJ secara mandiri dengan memaksimalkan SDM anggota yang masih terbilang minim dalam pengalaman organisasi, namun memiliki keinginan untuk belajar berorganisasi. Dengan adanya rasa keinginan itu mulailah dilakukan musyawarah dengan HMJ Arsitektur untuk mengawali pembentukan, sehingga diputuskan untuk menentukan Ketua HMJ DESPRO serta kepengurusannya.

Setelah dilaksanakannya musyawarah dan didapatkan hasil keputusan pembentukan Ketua dan kepengurusan periode awal, maka dibuatlah pengajuan Surat Keputusan (SK) Kepengurusan HMJ kepada wakil rektor III yang disahkan pada tanggal 10 Oktober 2004 oleh wakil rektor III. Dengan Ketua terpilih yaitu Yudi Martono (angkatan 2003) serta kepengurusan periode saat itu. Pembentukan HMJ DESPRO  diawali oleh tiga mahasiswa yang diantaranya

Yudi Martono (angkatan 2003), Choirul Anam (angkatan 2004) dan Agung Bayu (angkatan 2004)

 Setelah pengurus periode tersebut terbentuk, maka diagendakan untuk membuat program kerja selama satu periode. Antara lain :

  1. Studi Exercise (SE), saat itu kunjungan industri di :

Home Industri Aksesoris motor di Pasuruan

Home Industri Aksesoris Mobil di Sidoarjo

Home Industri Batik Sidoarjo

  1. Seminar dan Workshop PT. Propan Jaya
  2. Open Talk (3 Bulan sekali)
  3. Buka Puasa Bersama

Setelah satu periode berakhir maka dibentuklah periode kepengurusan selanjutnya pada tahun 2005, namun dikarenakan jumlah mahasiswa Desain Produk ITATS saat itu tidak terbilang banyak, maka kepengurusan diambil alih kembali oleh angkatan 2004 yang akhirnya diketuai oleh salah satu tim pendiri yaitu Agung Bayu Resiawan ( angkatan 2004) yang keseluruhan kepengurusannya adalah angkatan 2004 dan kemudian masa kepengurusannya bertahan sampai pada Tahun ajaran 2006 – 2007.

Seiring berjalannya waktu sampai habis masa kepengurusan angkatan 2004, nahkoda HMJ kepengurusan berikutnya dipegang kendali oleh angkatan 2006 dan terus berganti kepengurusan dengan susunan ketua dari berbagai masa dan generasi antara lain :

  1. Yudi Martono (Angkatan 2003)                      : periode 2004 – 2005
  2. Agung Bayu Resiawan (Angkatan 2004)         : periode 2005 – 2007
  3. Hamdan Bahalwan (Angkatan 2006)              : periode 2007 – 2008
  4. Nur Sholeh (Angkatan 2007)                         : periode 2008 – 2009
  5. Imam Mulyono (Angkatan 2008)                    : periode 2009 – 2010
  6. Rizal (Angkatan 2009)                                  : periode 2010 – 2011
  7. Gilang Ramadhan (Angkatan 2011)               : periode 2013 – 2014
  8. Niko (Angkatan 2013)                                  : periode 2014 – 2015
  9. Solahudin Nuha (Angkatan 2013)                  : periode 2015 – 2016
  10. Mulk Hima (Angkatan 2014)                       : periode 2016 – 2017
  11. Aditya Tedja K. (Angkatan 2015)                : periode 2017 – Sekarang

 

Transformasi Logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk ITATS

Pada sebuah organisasi pasti memiliki identitas khusus sebuah logo, di Himpunan Mahasiswa Desain Produk pun juga memiliki logo, yang dimana logo tersebut telah melalui berbagai macam perubahan, antara lainnya :

  1. Logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk Pertama (2004)

Logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk pertama (2004)

Logo diatas adalah logo HMJ DESPRO yang pertama setelah resmi berdiri dan terbentuk secara mandiri. Dirancang oleh 3 mahasiswa pembentuk HMJ DESPRO. logo tersebut sekilas mirip logo PKI yang memang dilarang beredar, namun jika dilihat secara seksama hanya terbentuk dari susunan Huruf “d” dan “p” yang bersatu, tidak ada unsur kesengajaan untuk membuat logo tersebut mirip dengan logo PKI. Karena bentuk yang diambil dari ilmu yang dipelajari semasa kuliah yaitu ilmu estetika bentuk, hanya terbentuk dari susunan bidang geometri yaitu persegi dan lingkaran dan dengan hanya warna merah pada logonya (yang berarti semangat awal yang membara) serta warna hitam pada tulisannya (yang berarti berwibawa, tegas dan formal) dibuat agar mudah diaplikasikan pada berbagai media.

2. Logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk Kedua (2005)

Logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk kedua (2005)

Pada logo Himpunan Mahasisa Desain produk kedua di atas terdapat perubahan total dan kontras dengan  logo pertamanya, dimana perubahannya terdapat pada logo inti, tidak lagi terdapat lingkaran namun tetap mengambil inspirasi dari bentuk geometris. Logo diatas dibuat pada tahun 2005 dengan masa periode tahun ajaran 2005 – 2007. Adapun konsep dari logo di atas,  Antara lain :

Pada logo ini juga terdapat huruf “d” dan “p” namun dibentuk dari sebuah kotak kemasan yang terbuka (pada huruf “d” terbuka ke atas, dan pada huruf “p” terbuka ke bawah) yang berarti sebuah Organisasi / Wadah (bentuk kemasan, yang juga salah satu ikon yang mewakili Desain Produk) yang terbuka bagi siapa saja (atas dan bawah) baik bagi senior dan junior, baik bagi lembaga maupun masyarakat.

Terdapat bentuk symbol “∞” (infinity) / tak terhingga, pada bentuk kemasan (tanpa pakai penutup atas dan bawah), sehingga memiliki arti Tak terbatas untuk berkreasi, bereksplorasi dan belajar selama menjalani organisasi tersebut.

Terdapat bentuk Segitiga sama kaki memili arti, Segitiga (struktur terkuat, symbol kekeluargaan) dan sama kaki (berjalan bersama dalam melaksanakan organisasi tersebut)

Warna biru yang memiliki arti kekeluargaan, kepercayaan, teknologi diharapkan Himpunan Mahasiswa Desain Produk memiliki nilai kekeluargaan dapat dipercaya oleh masyarakat, dengan berbasis pada teknologi.

 

3. Logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk Ketiga (2008)

Logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk Ketiga (2008)

Logo diatas adalah logo ketiga Himpunan Mahasiswa Desain Produk dan menjadi logo dengan periode terlama, yaitu 2008 – 2018. Dan mengalami perubahan hanya pada bentuk yaitu Lingkaran. Logo Himpunan Desain Produk ketiga ini memiliki konsep sebagai berikut :

Terdapat dua lapisan lingkaran yaitu lingkaran luar sebagi outline (garis kecil) yang menjadi wadah terluar dengan maksud organisasi himpunan mahasiswa Desai Produk terbentuk dengan naungan organisasi kumpulan yang lebih besar yang mewadahinya antara lain :

  • ORMAWA ITATS yaitu Kesatuan Organisasi Mahasiswa di kampus ITATS yang terdiri dari HMJ dan UKM yang dipimpin oleh SENAT Mahasiswa (Lembaga Tinggi Mahasiswa) / saat itu di kampus ITATS Terjadi transisi sistem pemerintahan dari Kesenatan Mahasiswa menjadi Lembaga Tinggi mahasiswa yang terdiri dari : Majelis Permusyawaratan Mahasiswa, Dewan Perwakilan Mahasiswa dan Kepresidenan Mahasiswa yang mirip dengan sistem pemerintahan Negara Indonesia.
  • Organisasi mahasiswa desain produk se – Indonesia (saat itu dikenal istilah HADEPAN)

Lapisan Lingkaran kedua adalah lapisan lingkaran tebal yang mewadahi mahasiswa Desain Produk ITATS dengan harapan dan mentalitas juga kreatifitas yang tebal sehingga menjadi Organisasi yang kuat.

Bentuk lingkaran memiliki makna kesatuan, kesolidan, dinamis sehingga diharapkan menjadi organisasi yang solid yang bersifat dinamis.

4. Logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk Keempat (2018)

Logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk Keempat (2018)

Pada logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk keempat ini mengalami banyak perubahan dari logo sebelumnya, alasan pergantian logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk ITATS ini dikarenakan kesepakatan bersama antar kepengurusan Himpunan Mahasiswa Desain Produk periode 2017 – 2018 dan pihak jurusan yang merupakan juga alumni dari mahasiswa Desain Produk yang pernah menjadi bagian kepengurusan Himpunan Mahasiswa Desain Produk ITATS untuk memperbarui logo Himpunan Mahasiswa Desain Produk yang telah 1 dekade menjadi ikon Himpunan Mahasiswa Desain Produk ITATS.

Logo keempat ini dirancang berdasarkan ide beberapa mahasiswa Desain Produk lintas angkatan yang dijadikan satu, atas asas visi dan misi Himpunan Mahasiswa Desain Produk. Logo keempat ini memiliki makna sebagai berikut :

  • Pada logo ini tetap terdapat huruf “d” dan “p” sebagai inisial nama depan jurusan Desain Produk dan membentuk symbol “∞” (infinity) / tak terhingga yang memiliki makna tidak ada batasan dalam mengembangkan kreatifitas, bakat, minat dan melatih meningkatkan jiwa kepemimpinan.
  • Logo himpunan ini juga membentuk tali pita yang melambangkan kekeluargaan antar mahasiswa Desain Produk ITATS yang tak pernah putus.
  • Warna biru pada logo ini melambangkan keyakinan, keseriusan dalam mengembangkan kreatifitas dan ilmu dibidang jurusan desain produk.
  • Warna biru tua melambangkan sikap profesionalitas dan kematangan dalam mengelola dan mengembangkan organisasi Himpunan Mahasiswa Desain Produk ITATS.